Rossi Akui Kelemahan Yamaha YZR-M1 ada di Lintasan Lurus

  • Whatsapp

Pembalap kawakan Yamaha, Valentino Rossi, sadar motor balap timnya, YZR-M1, tidak bisa diandalkan untuk tampil kompetitif di semua sirkuit. Pasalnya, YZR-M1 lemah di lintasan lurus, sehingga kerap tertinggal oleh para pembalap dari pabrikan lain.

Pada akhirnya kondisi tersebut membuat pembalap Yamaha gagal meraih gelar juara. Fabio Quartararo dan Maverick Vinales yang pada awalnya tampil ganas di MotoGP 2020, justru kemudian melemah dan tercecer di posisi belakang.

Di samping itu, mesin motor Yamaha juga masih sering bermasalah. Musim lalu, beberapa kali pembalap Yamaha mengalami gagal finis karena mesin motor mereka mati di tengah balapan. Bahkan, Rossi sendiri merasakannya.

“Saya selalu mengatakan bahwa mesin adalah masalah besar bagi kami. Karena kami selalu paling lambat di lintasan lurus,” ungkap Valentino Rossi, dinukil dari Speedweek, Rabu (6/1/2021).

“Akan tetapi, pada saat yang sama kami memiliki masalah dengan keandalan dan kesulitan besar melewati musim dengan lima mesin. Kami kurang performa dan pada saat yang sama jarak tempuh,” lanjutnya.

“Selain itu, karakter mesin sudah lama menjadi kekuatan Yamaha. Tapi sekarang yang lain juga tampaknya memiliki mesin yang mulus dalam hal akselerasi,” jelas pembalap berjuluk The Doctor tersebut.

Meski begitu, Rossi masih cukup optimis bahwa Yamaha bisa menjadi lebih baik di musim mendatang. Karena, musim lalu Yamaha tampil sebagai konstruktor yang mampu meraih jumlah kemenangan terbanyak.

“Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan performa di sekitar mesin, dari elektronik hingga knalpot. Ada banyak hal berbeda yang dapat ditingkatkan bahkan tanpa menyentuh mesin. Jika Yamaha melangkah ke arah yang benar, kami bisa meningkat,” ujar Rossi.

Di musim balap MotoGP 2021 Rossi akan membela tim satelit, Petronas Yamaha SRT. Sebab, posisinya di tim pabrikan diambil alih oleh Fabio Quartararo.

Related posts